PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI HARIYANI, 12144200051 (2016) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 121 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diketahui bahwa pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 diperoleh r hitung = 0,641. Kemudian dikonsultasikan dengan r tabel dengan jumlah N = 36 pada taraf signifikan 1% diperoleh r tabel = 0,424 dengan koefisien determinasi r2 = 0,41 = 41%. Artinya ada pengaruh yang signifikan interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebesar 41%. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bahwa interaksi sosial yang terjalin dengan baik maka akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Interaksi sosial yang terjalin baik sesama siswa maupun siswa dengan guru maka akan menumbuhkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, motivasi belajar
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 17 May 2016 03:38
Last Modified: 17 May 2016 03:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item