SITI HARIYANI, 12144200051 (2016) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf Download (749kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 121 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diketahui bahwa pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 diperoleh r hitung = 0,641. Kemudian dikonsultasikan dengan r tabel dengan jumlah N = 36 pada taraf signifikan 1% diperoleh r tabel = 0,424 dengan koefisien determinasi r2 = 0,41 = 41%. Artinya ada pengaruh yang signifikan interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebesar 41%. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bahwa interaksi sosial yang terjalin dengan baik maka akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Interaksi sosial yang terjalin baik sesama siswa maupun siswa dengan guru maka akan menumbuhkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi sosial, motivasi belajar |
Subjects: | Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 17 May 2016 03:38 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:38 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/682 |
Actions (login required)
View Item |