UPAYA MENINGKATKANMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MATARAM BANTUL

AHMAD NUR AFFANDI, 10144100100 (2016) UPAYA MENINGKATKANMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MATARAM BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1, Hal sampul, Abstrak, Persetujuan, Daftar isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMP Mataram Bantul melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilakukan di SMP Mataram Kabupaten Bantul pada tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Mataram Kabupaten Bantul tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik deskriptif kualitatif maupun kuantitatif dari berbagai sumber yaitu dari hasil observasi, tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIIIB SMP Mataram Kabupaten Bantul pada pembelajaran matematika yaitu pra tindakan dari 33,33%; (kategori rendah), pada siklus I yaitu 58,33% (kategori cukup) dan meningkat menjadi 83,33%. (kategori tinggi) pada siklus II. (2) Hasil tes belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada tes pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 48,83, (kategori cukup) dengan persentase ketuntasan belajar 25% (kategori sangat rendah), pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 60 (kategori cukup) dengan persentase ketuntasan belajar 54,16% (kategori rendah) dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 78,33 (kategori tinggi) dengan persentase ketuntasan belajar 79,16% (kategori tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, prestasi belajar, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 13 May 2016 02:34
Last Modified: 13 May 2016 02:34
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item