M A R T I N I, 10255140018 (2016) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI WONOSARI 1 TURI SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DOKUMEN 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
||
|
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan metode pembelajaran permainan Jigsaw terhadap mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Wonosari 1 Turi Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Meningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Wonosari 1 Turi Sleman,Tahun Pelajaran 2015/2016 Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Wonosari 1 Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa. Tahapan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan cooperative learning model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Wonosari I Turi, hal ini dilihat dari hasil pengamatan yang menunjukkan pada pra siklus motivasi belajar siswa mencapai 62,5% meningkat pada siklus I menjadi 70,83% dan pada siklus II 95,83%. 2) cooperative learning model Jigsaw yang meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Wonosari. Dari hasil penelitian rata-rata hasil belajar siswa naik dari nilai pratindakan 5,93, siklus pertama 6,75 dan pada siklus II naik menjadi 7.77. Untuk persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan 25,8% meningkat menjadi 51,6% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 90,32%. Dengan demikian indikator keberhasilan dapat tercapai pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative learning jigsaw, prestasi, motivasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 13 May 2016 02:21 |
Last Modified: | 13 May 2016 02:21 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/664 |
Actions (login required)
View Item |