UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS VIII A SMP N 3 MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

Rafela Abdi Wijaya, 11144100002 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS VIII A SMP N 3 MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm, sampul, abstrak,...BAB I.pdf

Download (966kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka-Lampiran.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Mrebet Kabupaten Purbalingga pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA. Obyek penelitian adalah kemampuan penalaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mengkaji seluruh data baik data menggunakan deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIIIA melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata kemampuan penalaran siswa pada saat pra tindakan sebesar 51,69, pada siklus I meningkat menjadi 57,50 dan pada siklus II meningkat menjadi 74,45; Ketuntasan kemampuan penalaran siswa saat pra tindakan sebesar 40,62%, pada siklus I meningkat menjadi 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,13%; Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, menunjukkan hasil observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 79,41% dengan kualifikasi sangat baik dan observasi kegiatan siswa sebesar 82,69% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil observasi kegiatan guru pada siklus II sebesar 94,12% dengan kualifikasi sangat baik dan observasi kegiatan siswa sebesar 92,31% dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran, pembelajaran kooperatif tipe group investigation
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 May 2016 04:21
Last Modified: 12 May 2016 04:21
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item