UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA

Dyah Puspitasari, 11144100113 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ Sampul, Abstrak, hingga Daftar Isi dan Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahamaan konsep matematika pada pokok bahasan relasi dan fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 16 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah pemahaman konsep matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari empat kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Dalam masing-masing siklus ada empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik triangulasi dan reduksi data, baik deskripsi kualitatif maupun diskripsi kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep dengan memecahkan masalah, memahami suatu materi secara berkelompok dan saling membantu antara satu dengan yang lainnya, membuat kesimpulan (diskusi) serta mempresentasikan di depan kelas sebagai salah satu langkah evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil keterlaksanaan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II dengan persentase 90% pada siklus I meningkat menjadi 93,33% pada siklus II Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIIG SMP Negeri 16 Yogyakarta dari 69,07 (cukup paham) pada siklus I menjadi 90,20 (paham) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 May 2016 03:58
Last Modified: 12 May 2016 03:58
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item