UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VIIIF SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA

NUNGKI PRACITA KURNIAWATI, 11144100122 (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VIIIF SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm.sampul,abstrak,persetujuan....pdf

Download (934kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi relasi dan fungsi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Yogyakarta pada bulan September sampai dengan Oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (tindakan). dan dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIF yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 14 siswa putra dan 20 siswa putri. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data dengan deskriptif kualitatif maupun kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas VIIIF SMP Negeri 16 Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa yang mencapai kategori tinggi sebanyak 20 siswa (58,82%) pada siklus I meningkat menjadi 29 siswa (85,29%) pada siklus II; (2) angket aktivitas belajar siswa dengan kategori cukup (74,44) pada siklus I dan meningkat menjadi kategori tinggi (83,71) pada siklus II; (3) hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata hasil belajar siswa pra tindakan sebesar 50,13 dengan ketuntasan mencapai 11,76% menjadi 74,99 dengan ketuntasan mencapai 50% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 80,11 dengan ketuntasan 82,35%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar Matematika, dan kooperatif tipe Two Stay Two Stray
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 May 2016 02:04
Last Modified: 12 May 2016 02:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item