SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK GURU DENGAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION

NUR WAHYUNINGSIH, 09111140073 (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK GURU DENGAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_ hal.judul, pengesahan,....pdf

Download (946kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V + Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengembangkan perangkat lunak yang berfungsi sebagai alat bantu pengambilan keputusan bagi guru untuk menentukan model pembelajaran yang akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, dan menerapkan metode Multifaktor Evaluation Process sebagai salah satu metode pengambilan keputusan dalam penentuan model pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMK N 1 Pajangan ini untuk membangun rancang bangun sistem pendukung keputusan dengan bahasa scripting PHP dan database MySQL dengan metode Multifaktor Evaluation Process. Model pembelajaran yang ditentukan adalah model pembelajaran STAD, Jigsaw, Investigasi Kelompok dan Pembelajaran Struktural. Faktor pembelajaran terdiri dari tujuan pembelajaran, struktur tim belajar, pemilihan topik belajar, tugas siswa dan penilaian. Kemudian masing-masing faktor diberikan bobot faktor. Proses perhitungannya dengan melihat hasil pilihan kriteria tiap faktor yang telah dimasukkan pengguna yaitu nilai evaluasi tiap faktor. Apabila kriteria yang dipilih sesuai dengan kriteria pada model pembelajaran maka bernilai 1, jika tidak sesuai bernilai 0. Berdasarkan bobot faktor dan nilai evaluasi maka dihitung total bobot evaluasi tiap model pembelajaran. Total bobot evaluasi dari masing-masing model pembelajaran kemudian dibandingkan untuk dicari nilai yang tertinggi, yang ditetapkan sebagai model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan proses belajar mengajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode multifaktor evaluation process (MFEP) dapat digunakan untuk memecahkan masalah penentuan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar dan aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan bagi guru untuk menentukan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, Multifakctor Evaluation Process
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 11 May 2016 04:15
Last Modified: 11 May 2016 04:15
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item