PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENJUMLAHAN BERSUSUN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN SISWA SEKOLAH DASAR

Vivin Gustami Aji, 11144600006 (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENJUMLAHAN BERSUSUN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk alat peraga penjumlahan bersusun matematika layak untuk digunakan. Hasil kevalidan alat peraga matematika ditinjau dari aspek syarat pembuatan alat peraga berdasarkan ahli media menunjukkan skor rata-rata 49 dengan kategori sangat valid.. Hasil kepraktisan alat peraga matematika berdasarkan hasil angket guru menunjukkan skor rata-rata 68 dengan kategori sangat praktis. Hasil kepraktisan alat peraga matematika berdasarkan hasil angket siswa uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menunjukkan skor rata-rata 41 dengan kategori praktis dan 43 dengan kategori sangat praktis. Alat peraga matematika dikatakan praktis karena alat peraga mudah untuk digunakan oleh guru dan siswa. Hasil keefektifan alat peraga matematika, dilihat dari nilai siswa pada uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase pemahaman siswa mencapai 90% dengan kategori sangat efektif. Pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase pemahaman siswa mencapai 88% dengan kategori sangat efektif. Hasil peningkatan nilai pretest dan posttest secara signifikan ditunjukkan dengan t hitung sebesar 17.648 lebih besar dibandingkan dengan t tabel dengan derajat kebebasan 21 dan taraf signifikansi 5% yaitu 2.080, terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan alat peraga penjumlahan bersusun matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Alat Peraga Matematika, Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 10 May 2016 04:22
Last Modified: 10 May 2016 04:22
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item