ARI RAHMAWATI, 13255140002 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEPIL WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm.sampul, abstrak,persetujuan...hingga daftar isi dan BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui perencanaan pembelajaran yang dibuat guru dengan merujuk pada standar yang ditetapkan pemerintah . 2). Mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. 3). Mengetahui dampak bagi siswa maupun guru dengan diberlakukannya kurikulum 2013. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif , pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi .Data yang dihasilkan dari hasil wawancara, dan observasi pelaksanaan pembelajaran akan dianalisis tingkat kesesuaiannya dengan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian pada sekolah sasaran di SMP Negeri 1 Kepil Wonosobo yang dilakukan pada awal semester 1 khususnya kelas VIII tentang pengimplementasian kurikulum 2013 dapatlah diambil kesimpulan bahwa : (1) Guru IPS SMP Negeri 1 Kepil diberi keleluasaan untuk menyiapkan dan mengembangkan semua perangkat yang dibutuhkan dalam pembelajaran menggunakan pedoman Kurikulum 2013. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas guru IPS SMP Negeri 1 Kepil sudah menggunakan pendekatan saintifik 5M dan sudah melakukan penilaian secara autentik. Pelaksanaan pembelajaran sudah didukung media yang berbasis IT. Akan tetapi dalam prosesnya masih menemukan beberapa kendala yang dihadapi yaitu keaktifan siswa yang kurang, penguasaan IT guru yang masih belum memadai,serta kesulitan dalam melakukan penilaian aktivitas siswa.(3) Dampak kurikulum 2013 bagi siswa SMP Negeri 1 Kepil adalah meningkatnya keberanian menyampaikan pendapat serta ketrampilan dalam berkomunikasi. Sedangkan dampak bagi guru menambah wawasan tentang variasi metode dan model pembelajaran ,guru juga semakin tertantang untuk mengembangkan dan memperdalam penguasaan materi serta penguasaan IT.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, kurikulum 2013, pembelajaran IPS |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 10 May 2016 02:23 |
Last Modified: | 10 May 2016 02:23 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/610 |
Actions (login required)
View Item |