Istijabah, 11144100057 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 IMOGIRI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1;hlm. sampul, abstrak, persetujuan, daftar isi, dan BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
Text
Dokumen IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting .pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Imogiri tahun ajaran 2015/2016 mata pelajaran matematika materi pokok aritmetika sosial dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Imogiri pada tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Imogiri tahun ajaran 2015/2016. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) materi pokok aritmetika sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterlaksanaan pembelajaran, wawancara, tes kemampuan pemecahan masalah, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis hasil observasi dan analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas VII C SMP Negeri 2 Imogiri dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditandai dengan: (1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika mengalami peningkatan tiap aspeknya, yaitu memahami masalah sebesar 80,47% pada siklus I meningkat menjadi 95,66% pada siklus II, merencanakan penyelesaian masalah sebesar 54,55% pada siklus I meningkat menjadi 86,44% pada siklus II, melaksanakan rencana penyelesaian 70,95% pada siklus I meningkat menjadi 83,55% pada siklus II, memeriksa kembali, mengecek hasilnya 48,33% pada siklus I meningkat menjadi 79,66% pada siklus II. (2) Persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran yakni 81,75% pada siklus I meningkat menjadi 97,73% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 10 May 2016 02:20 |
Last Modified: | 10 May 2016 02:20 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/609 |
Actions (login required)
View Item |