UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 3 PANDAK

Panggih Marfianto, 11144100145 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 3 PANDAK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
BAB VDAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover depan dll.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIC SMP N 3 Pandak sebanyak 29 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variabeldengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara guru matematika dan peneliti. Desain penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Taggart, dengan tahapan penelitian perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik secara deskriptif kualitatif maupun secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian iniadalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS)dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIC SMP N 3 Pandak.Hal ini ditunjukkan dengan: (1) rata-rata keaktifan belajar siswa berdasarkan observasi pada siklus I adalah (kategori sedang) meningkat pada siklus II menjadi (kategori sangat tinggi). (2) rata-rata hasil belajar matematika siswa pra tindakan sebesar 62,19 (kategori rendah) meningkat pada siklus I menjadi 68,39 (kategori sedang), dan pada siklus II meningkat menjadi 76,79 (kategori tinggi) (3) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 77,27% (kategori tinggi) pada siklus I dan 90,91% (kategori sangat tinggi) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), keaktifan, hasilbelajar matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 09 May 2016 04:39
Last Modified: 09 May 2016 04:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item