UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 TURI

SAKINAH WIDAYANTl, 11144100161 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 TURI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1, halaman romawi dan BAB I.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V dan DAFTAR PUSTAKA serta LAMPIRAN.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model Problem Based Learning materi relasi dan fungsi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Turi pada tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Turi yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitiannya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi, tes, angket respon, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik data kualitatif maupun data kuantitatif dengan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Learning mencapai 79.16% (kriteria baik) pada siklus I dan 97,92% (kriteria sangat baik) pada siklus II sehingga penerapan pembelajaran dengan model ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (1) Pada pra tindakan siswa yang mendapat nilai lebih dari 65 (kriteria tinggi) sebanyak 25%. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas pada siklus I yang mendapat nilai lebih dari 65 sebanyak 46.88% dan pada siklus II meningkat menjadi 87.5%. (2) Ditinjau dari setiap aspek, kemampuan pemecahan masalah telah meningkat dan mencapai lebih dari 65%. Aspek memahami masalah 93.75% pada siklus I meningkat menjadi 96.35% (kriteria sangat tinggi) pada siklus II. Aspek merencanakan penyelesaian 59.90% (kriteria sedang) pada siklus I meningkat menjadi 69.79% (kriteria tinggi) pada siklus II. Aspek menyelesaikan masalah melalui perhitungan 60.68% (kriteria sedang) pada siklus I meningkat menjadi 83.85% (kriteria sangat tinggi) pada siklus II. Aspek memeriksa kembali proses dan hasil 47.92% (kriteria rendah) pada siklus I meningkat menjadi 67.19% (kriteria tinggi) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 09 May 2016 04:07
Last Modified: 09 May 2016 04:07
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item