UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SISWA KELAS VIII SMP N 2 PANDAK BANTUL

NURYANTO, 11144100183 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SISWA KELAS VIII SMP N 2 PANDAK BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1; hml; Sampul, Abstrak, Persetujuan, daftar isi dan BAB I.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan DAftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika pada materi persamaan garis lurus dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Pandak Bantul pada tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian mengacu model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus pertama dan kedua masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP N 2 Pandak Bantul sebanyak 30 siswa dan objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi siswa. (1) Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi sebesar 83,33% (kualifikasi baik) pada siklus I. Pada siklus II hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menjadi 97,22% (kualifikasi baik sekali); (2) Rata-rata nilai tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E yaitu 37,00 (kualifikasi kurang) dan tidak ada siswa yang mencapai kualifikasi tinggi, pada siklus I meningkat menjadi 55,71 (kualifikasi cukup) dengan 16,67% siswa mencapai kualifikasi tinggi, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,33 (kualifikasi tinggi) dengan 83,33% siswa mencapai kualifikasi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran dan komunikasi matematika, model pembelajaran Learning Cycle 5E
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 09 May 2016 03:38
Last Modified: 09 May 2016 03:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item