IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMP KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MA’MUMI KUNCARA DEWI, 13155140040 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMP KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen I hlm Sampul, Abstrak,persetujuan, hingga daftar isi, dan BAB I.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran, serta (2) kendala dalam implementasi kurikulum 2013 oleh guru mata pelajaran IPS kelas VIII SMP se-Kabupaten Sleman tahun 2014/2015. Subjek dalam penelitian kualitatif ini adalah Guru-Guru IPS kelas VIII dan Kepala Sekolah di SMP se-Kabupaten Sleman yang mengimplementasikan Kurikulum 2013. Data dikumpulkan dengan cara teknik wawancara, pengamatan/observasi, dan studi dokumentasi. Analisis yang digunakan model Miles & Huberman dengan reduksi data, display data, dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman implementasi Kurikulm 2013 mata pelajaran IPS di SMP se-Kabupaten Sleman dari aspek kesiapan guru menunjukkan semua guru IPS telah mengikuti diklat implementasi Kurikulum 2013 minimal 1 kali, guru siap mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan pemahaman implementasi Kurikulum 2013 sesuai Permendikbud 81A dengan memerlukan penguatan pada metode pembelajaran sesuai pendekatan saintifik, lingkup materi pembelajaran, dan penilaian. Dalam kesiapan pembelajaran semua Guru IPS memiliki perangkat pembelajaran lengkap. Sedangkan dari segi kesiapan sarana prasarana secara umum semua sekolah memiliki sarana prasarana pendidikan yang lengkap dan dalam kondisi baik. Dalam perencanaan pembelajaran sebagian besar guru masih menyusun RPP berdasar Permendikbud 81A. Dalam pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan pendekatan pembelajaran saintifik tidak pada setiap pertemuan, pembelajaran lebih terpusat pada peserta didik dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Dalam pelaksanaan penilaian yang spesifik adalah penilaian proses dan sikap, karena terlalu banyak aspek dan menyita waktu penilaian sikap dilaksanakan minimal sekali dalam 1 semester. (2) Kendala yang ditemui antara lain buku guru dan siswa keberadaannya terlambat 1 semester, pelaksanaan pembelajaran dengan 5 M monoton dengan kekurangan waktu apabila selalu dilaksanakan diskusi pada saat mengomunikasikan, kesulitan mengaktifkan seluruh peserta didik, materi dangkal dan diulang-ulang, serta penilaian terlalu banyak aspek dan menyita waktu.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: implementasi Kurikulum 2013, Mata Pelajaran IPS, SMP se- Kabupaten Sleman
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 07 May 2016 02:44
Last Modified: 07 May 2016 02:44
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item