UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 PANJATAN

NOVIK SETYAWAN, 11144100101 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 PANJATAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1, hal pengesahan.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img]
Preview
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket minat, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik diskriptif kualitatif dan teknik diskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Panjatan. Obyek penelitian adalah minat dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIID dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari: (1) rata-rata minat siswa siklus I 76,88% kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 83,05% kategori sangat tinggi; (2) nilai rata-rata prestasi belajar siswa saat pra tindakan 67,25 dengan persentase ketuntasan 21,88%, pada siklus I meningkat menjadi 73,34 dengan persentase ketuntasan 53,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,03 dengan persentase ketuntasan 90,63%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat dan prestasi belajar, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 May 2016 04:46
Last Modified: 02 May 2016 04:46
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item