UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA KELAS IX B MTs NEGERI SUMBERAGUNG JETIS BANTUL

SHOLIKHIN, 11144100203 (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA KELAS IX B MTs NEGERI SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1 dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung melalui model pendekatan pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian mengikuti model Kemmis dan Taggart yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Sumberagung Jetis Bantul dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX B yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis deskripsi kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pendekatan pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX B MTs Negeri Sumberagung Jetis. (1) aktivitas belajar siswa meningkat dari persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 76,66% (kategori tinggi) pada siklus II sebesar 90,35% (kategori tinggi); (2) hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai pra tindakan sebesar 68,5 dengan ketuntasan 43,33% (kategori rendah) , meningkat pada siklus I sebesar 71,61 dengan ketuntasan 60% (kategori cukup) dan pada siklus II meningkat sebesar 80,5 dengan ketuntasan 80% (kategori tinggi); (3) keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 85,29% (kategori tinggi) dan pada siklus II sebesar 97,05% (kategori tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Problem Posing, aktivitas, hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 May 2016 03:20
Last Modified: 02 May 2016 03:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item