UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SD TERUMAN BANTUL

Sartinem, 11266100002 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SD TERUMAN BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model role playing pada siswa kelas IV SD Teruman Bantul yang berjumlah 17 siswa pada semester 1 tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan cara bekerjasama dengan guru kelas IV di SD Teruman meliputi tahapan perencanaan, tindakan, obeservasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, serta dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS dari rata-rata prestasi belajar siswa pada pra siklus yaitu 62,35 dengan ketuntasan belajar 23,53% menjadi rata-rata prestasi belajar siswa 72,94 dengan persentase ketuntasan belajar 58,82% pada siklus I, dan rata-rata hasil prestasi belajar siswa yaitu 88,24 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 94,12% pada siklus II. Peningkatan keterlaksanaan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran role playing dapat dilihat dari presentase peningkatan pembelajaran pada siklus I sebesar 70% kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran terbukti dengan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 55% meningkat menjadi 90% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model role playing, prestasi belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:20
Last Modified: 28 Apr 2016 04:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item