PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA AUTHOWARE 7.0 PADA KELAS IV SD N TURI II TAHUN AJARAN 2015/2016

HENI PRATIWI, 11144600142 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA AUTHOWARE 7.0 PADA KELAS IV SD N TURI II TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (83MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangankan media pembelajaran matemetika berbasis Macromedia Authoware 7.0 pada kelas IV SD Negeri Turi II. Penelitian ini laksanakan di SD Negeri Turi II pada semester gasal. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Turi II sebanyak 17 siswa. Prosedur pengembangan: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, dan produk akhir. Teknik dan pengumpulan data: lembar validasi, pedoman wawancara, pedoman respon guru, angket respon siswa, pedoman observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran layak untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli materi menilai produk dari aspek isi dengan skor 4,75 dalam kriteria sangat baik dan aspek pembelajaran dengan skor 4,83 dalam kriteria sangat baik. Ahli media menilai produk dari aspek tampilan dengan skor 4,35 dalam kriteria sangat baik dan aspek pemrogaman dengan skor4,3 dalam kriteria sangat baik. Hasil angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh persentase 98% dalam kriteria sangat baik dan uji coba lapangan diperoleh persentase 98,71% dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil respon guru terhadap media pembelajaran yaitu multimedia pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Authoware 7.0 mudah digunakan dan sudah sesuai, sehingga sudah layak jika digunakan untuk mengajar kepada anak-anak materi sifat-sifat operasi hitung. Hasil observasi uji coba terbatas diperoleh skor rata-rata 4,5 tergolong dalam kriteria baik. Hasil observasi uji coba lapangan diperoleh skor rata-rata 4 tergolong dalam kriteria sangat baik. Hasil rata-rata dari nilai pretest 76,12 dengan presentase 76,12% dengan kriteria baik. Dari 17 siswa hanya ada 6 siwa yang mencapai nilai KKM ≥ 60 dengan presentase 58,9% dengan kriteria cukup. Sedangkan rata-rata dari nilai postest 89,4 dengan presentase 89,4% dengan kriteria sangat baik. Dari 17 siswa, semua siwa sudah mencapai nilai KKM ≥ 60 dengan presentase 100% dengan kriteria sangat baik. disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan prestasi belajar Matematika dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif ditinjau dari nilai pretest dan postest siswa kelas IV SD Negeri Turi II Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran Interaktif, Matematika
Subjects: Komputer > Program Aplikasi Khusus (microsoftword, Game, powerpoint,dll)
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:08
Last Modified: 28 Apr 2016 04:08
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item