PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ADJIE PRASETYA BAKTI N, 11144200117 (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm.sampul, abstrak, persetujuan ....pdf

Download (993kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/ 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 108 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 siswa dengan menggunakan teknik quotarandom sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket.Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatifdengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/ 2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,451 dengan p = 0,001 lebih kecil dari  = 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin baik kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang kecerdasan emosional maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pengembangan kecerdasan emosional yang baik dapat meningkatkan perhatian dan keinginan siswa dalam yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sekolah dan guru BK diharapkan berperan aktif dalam upaya pengembangan dan mengolah kecerdasan emosional siswa di sekolah dan di rumah melalui kegiatan yang mendukung peningkatan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, motivasi belajar
Subjects: Psikologi > Psikologi Fisiologis > Emosi dan Perasaan
Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kecerdasan dan Bakat
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:14
Last Modified: 28 Apr 2016 02:14
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item