ENDANG SUSILOWATI, 13255140042 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN 2015. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi pendidikan karakter di SMK N 2 Purworejo (2) mengetahui peran kepala sekolah dan guru dalan pembinaan karakter siswa (3) mengetahui faktor yang mempengarui program implementasi pendidikan karakter (4) mengetahui kultur sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk naturalistik. Penelitian dilakukan di SMK N 2 Purworejo, Sumber data penelitian ini adalah peristiwa, informasi dan dokumen. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi review informan kunci. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. di lingkungan sekolah maupun didalam kelas . Subyek penelitian terdiri atas: guru, kepala sekolah, siswa dan orang tua siswa. Objek penilitian adalah implementasi pendidikan karakter, yang tercantum dalam: tata tertib sekolah, kultur sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan intrakulikuler. Instrumen penelitian adalah pedomanan wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan. Analisis data dengan metode diskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa: (1) implementasi pendidikan karakter dapat dilakukan dengan pembelajaran PPKn, Agama, sholat dzuhur berjamaah, kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (2) peran kepala sekolah mengarahkan guru, tenaga admistrasi, siswa untuk berdisiplin dan bertanggung jawab. (3) faktor yang mempengarui implementasi pendidikan karakter meliputi faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi faktor intern dan ekstern, faktor intern meliputi peraturan tata tertib sekolah, faktor ekstern hubungan dengan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat pertama sarana dan prasarana, kedua dana dan pembiayaan, ketiga program pembelajaran, keempat pembinaan, kelima kurang buku penunjang. (4) Kultur sekolah dilaksanakan dengan membiasakan siswa, guru, tenaga administrasi saling bersalaman serta menjaga lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, tata tertib sekolah, kegiatan ekstrakurikuler , kultur sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 02:23 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 02:23 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/479 |
Actions (login required)
View Item |