Anastasia Tri Marwati, 13255140012 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KEJAJAR WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+ Lampiran Penting.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan motivasi belajar melalui penerapan Model Make A Match pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kejajar Wonosobo Tahun pelajaran 2015/2016. 2) meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan Model Make A Match pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016 . Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kejajar Wonosobo. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, Tes, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) melalui penerapan model Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kejajar Wonosobo Tahun pelajaran 2015/2016, hal ini ditunjukan dengan kategori motivasi belajar baik dan sangat baik yang dicapai pada pra siklus 14%, meningkat pada siklus I 53,57% dan pada siklus II menjadi 89,28%. 2) melalui penerapan metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kejajar Wonosobo Tahun pelajaran 2015/2016, hal ini ditunjukan siswa yang mencapai nilai KKM pada pra siklus 25%, meningkat pada siklus I 53,57%, dan pada siklus 2 menjadi 89,29%. Kata
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, hasil belajar, model Make A Match |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 01:51 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 02:42 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/477 |
Actions (login required)
View Item |