Nafisah Endahati, S.Pd. M.Hum., FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PRONUNCIATION MAHASISWA KELAS A1 SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UPY TA 2013/2014 MELALUI PENDEKATAN AUDIOLINGUAL. Universitas PGRI Yogyakarta. pp. 1-8.
|
Text
template artikel penelitian Nafisah Endahati.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pronunciation mahasiswa kelas A1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta semester 1, TA 2013/2014. Upaya yang dilakukan adalah penerapan pendekatan audiolingual dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas kolaboratif dan partisipatif ini dilakukan dalam tiga siklus. Langkah-langkah masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa kelas A1, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi atau pengamatan mendalam. Data kualitatif dianalisis melalui reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase skor hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan audiolingual dengan teknik pronunciation drill dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pengucapan dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat ditandai dengan meningkatnya ketepatan pelafalan mahasiswa dalam semua aspek bunyi dalam bahasa Inggris, penekanan suku kata dalam kosakata, dan intonasi yaitu rising intonation dan falling intonation dalam kalimat. Peningkatan keterampilan berbicara pada classroom English juga didukung dengan hasil nilai keterserapan pemahaman terhadap kemampuan pronunciation dalam bahasa Inggris dengan nilai persentase sebesar 63,33% (siklus I), sebesar 73,33% (siklus II), dan 80% (siklus III). Dapat dikatakan peningkatan nilai kemampuan pronunciation dalam bahasa Inggris oleh mahasiswa adalah sebesar 10% pada siklus II dan sebesar 6,67% pada siklus III.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pronunciation, pendekatan audiolingual |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Bahasa > Bahasa Inggris |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 20 Feb 2016 05:20 |
Last Modified: | 20 Feb 2016 05:20 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/445 |
Actions (login required)
View Item |