PENGARUH STRATEGI PAIKEM GEMBROT DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK (KELAS VIII SMP N 1 TEMON, KULON PROGO)

Primasari Wahyuni, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPY (2014) PENGARUH STRATEGI PAIKEM GEMBROT DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK (KELAS VIII SMP N 1 TEMON, KULON PROGO). Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL JADI_prima.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa (1) kemampuan siswa menulis petunjuk yang diajar dengan strategi Paikem Gembrot lebih baik dibandingkan dengan kemampuan siswa menulis petunjuk yang diajar dengan strategi konvensional; (2) kemampuan siswa menulis petunjuk yang memiliki minat baca lebih tinggi lebih baik dibandingkan dengan kemampuan siswa menulis petunjuk yang memiliki minat baca rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat baca dalam mempengaruhi kemampuan siswa menulis petunjuk. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Temon, Kulonprogo sebanyak 80 siswa, yaitu kelas VIIIA dan VIIIB. Pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan menulis petunjuk menggunakan tes praktik. Data minat baca menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalur. Uji validitas angket minat baca dengan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas angket minat baca dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata kemampuan siswa menulis petunjuk dengan strategi Paikem Gembrot berbeda dengan strategi konvensional, dengan nilai masing-masing 8,43 dan 6,29. Perolehan hasil analisis statistik inferensial Fh sebesar 182,70 ˃ Ft sebesar 3,967 dengan taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis petunjuk yang diajar dengan strategi Paikem Gembrot lebih baik daripada yang diajar dengan strategi konvensional. (2) kelompok siswa yang memiliki minat baca tinggi dan yang memiliki minat baca rendah berbeda karena dipengaruhi oleh strategi pembelajaran. Nilai terendah 5,40; 9,63 nilai tertinggi untuk kelompok siswa yang memiliki minat baca tinggi, sedangkan nilai terendah 5,30; 9,60 nilai tertinggi untuk kelompok siswa yang memiliki minat baca rendah. (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat baca dalam mempengaruhi kemampuan menulis petunjuk, dengan perolehan hasil Fh sebesar 2,71 ˂ Ft sebesar 3,967. Strategi pembelajaran Paikem Gembrot menghasilkan kemampuan menulis petunjuk lebih baik daripada strategi konvensional; kemampuan siswa menulis petunjuk yang memiliki minat baca tinggi lebih baik daripada kemampuan siswa menulis petunjuk yang memiliki minat baca rendah; dan tidak terdapat interaksi antara strategi Paikem Gembrot dan minat baca dalam mempengaruhi kemampuan siswa menulis petunjuk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Paikem Gembrot, Minat Baca, Kemampuan Menulis Petunjuk
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 20 Feb 2016 04:54
Last Modified: 20 Feb 2016 04:54
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item