PENANAMAN BUDI PEKERTI BAGI ANAK TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PEMBELAJARAN MENDONGENG

Tri Ratna Herawati, S.Pd., M.Hum., Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UPY (2015) PENANAMAN BUDI PEKERTI BAGI ANAK TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PEMBELAJARAN MENDONGENG. Universitas PGRI Yogyakarta. pp. 1-12.

[img]
Preview
Text
197101152011032005-Tri Ratna Herawati-Artikel Penelitian UPY 2015.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Integrasi pendidikan budi pekerti di dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak melalui mendongeng, serta 2) Tingkat keefektivan pembelajaran budi pekerti di Taman Kanak-kanak menggunakan media dongeng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini meliputi peserta didik Taman Kanak-kanak, sedangkan obyek penilaian adalah pendidikan budi pekerti yang terintegrasi di dalam dongeng. Penelitian mengenai penanaman budi pekerti bagi anak Taman Kanak-kanak melalui pembelajaran mendongeng ini dilakukan oleh peneliti yang dibantu oleh 2 (dua) orang guru Taman Kanak-kanak serta 1 orang mahasiswaS1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta. Penelitian ini diawali dengan studi lapangan untuk mengetahui kondisi riil mengenai pendidikan budi pekerti yang telah dimiliki oleh peserta didik Taman Kanak-kanak.Berdasarkan data awal yang diperoleh di lapangan dengan dukungan studi pustaka mampu membantu proses analisis pendidikan budi pekerti yang dapat diintegrasikan dalam dongeng bagi peserta didik Taman Kanak-kanak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Integrasi pendidikan budi pekerti di dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak desa Sentolo kabupaten Kulon Progo menggunakan alat peraga berupa gambar hewan dan gambar pohon dapat diintegrasikan di dalam dongeng sebagai upaya membiasakan anak mendengar ajaran baik agar mampu melekat di dalam dirinya untuk membangun manusia yang berkarakter mulia; serta 2) Integrasi pendidikan budi pekerti di Taman Kanak-kanak dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak dengan menggunakan media dongeng efektif untuk meningkatkan karakter anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: budi pekerti, integrasi, dongeng, taman kanan-kanak
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 20 Feb 2016 03:45
Last Modified: 20 Feb 2016 04:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item