KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA SD

Ari Wibowo, M.Pd, Universitas PGRI Yogyakarta (2014) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA SD. Universitas PGRI Yogyakarta. pp. 1-13.

[img]
Preview
Text
junal LPPM_ari wibowo.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT terhadap hasil belajar dan (2) untuk mengetahui perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT terhadap karakter yang meliputi kreativitas, tanggung jawab, kemandirian, dan empati. Penelitian ini adalah quasi eksperimen untuk membandingkan keefektifan metode klarifikasi nilai dan metode konvensional dalam pembelajaran PKn. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD 1 Padokan, Kasihan, Bantul. Adapun teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakuan dengan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar dan sekala Likert untuk mengukur karakter siswa. Untuk mengetahui validitas soal digunakan rumus korelasi product moment, sementara untuk reliabelitas soal menggunakan rumus Cronbach Alpha, uji prasyarat normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov Z dan homogenitas hasil belajar menggunakan Levene. Teknik analisis data hasil belajar dan karakter digunakan independent sample t-test, sedangkan pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan secara signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dibuktikan dari hasil analisis independent sample t-test diperoleh thitung > ttabel (2,343 > 2,000). (2) Terdapat perbedaan secara signifikan terhadap karakter siswa yang meliputi tanggung jawab, kerjasama dan empati yang dibuktikan dari hasil analisis independent sample t-test diperoleh thitung > ttabel (2,846 > 2,000). . Dari perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa kenaikan skor hasil belajar PKn dan karakter siswa yang meliputi tanggung jawab, kerjasama dan empati pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan kata lain bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan tipe TGT.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: STAD, TGT, Hasil Belajar, Karakter
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 20 Feb 2016 03:32
Last Modified: 20 Feb 2016 03:32
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item