PERSPEKTIF NEGATIF TERHADAP ANAK DISLEKSIA TANPA MEMPEDULIKAN POTENSI YANG DIMILIKI

Tiyas Pratamawati, Universitas PGRI Yogyakarta and Ani Solikhah, Universitas PGRI Yogyakarta and Siti Haryani, Universitas PGRI Yogyakarta (2015) PERSPEKTIF NEGATIF TERHADAP ANAK DISLEKSIA TANPA MEMPEDULIKAN POTENSI YANG DIMILIKI. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.

[img]
Preview
Text
artikel tiyas.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Tidak semua orang di dunia ini dapat mengikuti belajar, namun pendidikan tetap harus diikuti oleh setiap orang, tak terkecuali mereka orang-orang yang mengalami masalah ataupun kesulitan dalam belajar. Pendidikan juga memugkinkan setiap manusia memperoleh ilmu dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas hidupnya, karena setiap orang berhak memperoleh pendidikan yang layak seperti yang diatur dalam UUD 1945. Permasalahan terbesar yang harus dihadapi seorang dalam mengikuti pendidikan adalah masalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang banyak dialami saat ini adalah kesulitan siswa dalam menulis atau disebut disleksia. Banyak gejala atau ciri-ciri yang muncul pada anak disleksia. Akibat hal tersebut, banyak orang yang berargumentasi bahwa anak disleksia itu bodoh. Namun, tanpa didasari bukti-bukti anggapan tersebut menjadi tak ada artinya. Kenyataannya penderita disleksia mempunyai kecerdasan yang bagus. Bahkan untuk tingkat intelegensinya, IQ anak disleksia justru malah tinggi dan berpotensi jadi anak jenius. Terlepas dari semua itu, anggapan negatif orang lain terhadap anak disleksia ini perlu dihilangkan mengingat fakta mengenai berbagai hal yang mengindikasikan bahwa anak disleksia itu anak yang cerdas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: disleksia, perspektif negative, potensi
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi
Divisions: Prosiding
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 13 Feb 2016 02:23
Last Modified: 13 Feb 2016 02:23
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item