Taufik Muhtarom, Universitas PGRI Yogyakarta (2015) SEKOLAH INKLUSI SEBAGAI SEBUAH SOLUSI BAGI KESULITAN BERSOSIALISASI PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.
|
Text
artikel taufik.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu hak dasar setiap warga negara. Semua anak berhak mendapatkan pendidikan, utamanya pendidikan dasar.Namun meski sudah diberikan dan dijamin dalam Undang-Undang, sistem pendidikan di Indonesia masih terdapat bias ketidak adilan/ diskriminasi pendidikan antara pendididikan untuk siswa normal dan pendidikan untuk siswa berkebuhan khusus (ABK). Penyelenggaraan sekolah-sekolah luar biasa seolah menjadi jurang pemisah antara siswa normal dengan siswa berkebutuhan khusus. Akibatnya antar kedua jenis anak tersebut tidak terjalin interaksi.Tujuan dari diselenggarakannya pendidikan inklusif adalah untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental dan sosial atau memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.Penyelenggaraan sekolah inklusif berarti melaksanakan pendidikan dimana dalam satu kelas terdapat minimal satu siswa berkebutuhan khusus belajar bersama dengan teman-teman siswa normal lainnya, dengan hak pendidikan dan pengajaran yang sama. Melalui penyatuan ini diharapkan antara siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus terjadi hubungan timbal balik saling menghargai dan saling membantu di antara mereka. Siswa berkebutuhan khusus akan dapat berinteraksi dengan teman sebaya baik sesama siswa berkebutuhan khusus maupun dengan siswa normal lainnya. Dari proses itulah tumbuh rasa percaya diri siswa berkebutuhan khusus yang pada akhirnya memiliki kemampuan bersosialisasi secara baik dengan lingkungan sosialnya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sekolah inklusi, kesulitan bersosialisasi, anak berkebutuhan khusus |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 13 Feb 2016 02:19 |
Last Modified: | 13 Feb 2016 02:19 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/418 |
Actions (login required)
View Item |