UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)

Triyatno, UPY and John Sabari, UPY (2015) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT). In: Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015.

[img]
Preview
Text
FK44_Triyatno FIX 268-273.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar IPS kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di SD Negeri Tursino Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VI SD Tursino yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, ditunjukkan dengan peningkatan kategori motivasi belajar siswa dari pra siklus sebesar 45,83%, meningkat pada siklus I 70,83% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. 2) dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan siswa yang tuntas pada pra siklus 50%, meningkat pada siklus I siswa yang tuntas 66,67%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: motivasi, prestasi belajar, pembelajaran kooperatif NHT
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Prosiding
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 05 Feb 2016 03:32
Last Modified: 05 Feb 2016 03:32
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item