Siti Halimah, UPY and John Sabari, UPY (2015) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN ALAM SEKITAR. In: Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015.
|
Text
FK42_Siti Halimah FIX 256-261.pdf Download (437kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar dan prestasi belajar IPS melalui pendekatan alam sekitar pada siswa kelas IV SD Negeri Kliwonan Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pendekatan alam sekitar mampu meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV SD Kliwonan, hal ini dibuktikan dengan pada pra siklus kreativitas belajar siswa yang berkategori tinggi sebesar 39,13%, setelah guru menggunakan pendekatan alam sekitar meningkat pada siklus I 60,87%, dan pada siklus II 86,96%. 2) Penerapan pendekatan alam sekitar mampu meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SD Kliwonan, prestasi belajar IPS siswa meningkat dari rata-rata kelas sebesar 75.35 dengan ketuntasan klasikal (60,87%) meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,22 dengan ketuntasan klasikal (73,91%) selanjutnya pada siklus II prestasi belajar meningkat dengan nilai rata-rata 79,57 dengan ketuntasan klasikal 82,61
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, prestasi belajar, pendekatan alam sekitar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 05 Feb 2016 03:17 |
Last Modified: | 05 Feb 2016 03:17 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/388 |
Actions (login required)
View Item |