Pengembangan Buku Praktik IPA Materi Gaya Magnet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N MEJING 1

Venantine Shinta, UPY and Wahyu Kurniawati, UPY (2022) Pengembangan Buku Praktik IPA Materi Gaya Magnet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N MEJING 1. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel_Venantine_Shinta.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Reseach and Development (R&D) merupakan pengembangan dalam penelitian ini. Subjek pada yang dilakukan penelitian ini siswa kelas V SD N Mejing 1. Mmenggunakan teknik uji pengetahuan serta evaluasi tryout. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa pengembangan buku praktikum IPA dikatakan sahih yaitu sebesar 82%, ahli media 78% dan 76% untuk guru mata pelajaran IPA. Respon 27 siswa terhadap kemenarikan buku praktik IPA memperoleh persentase 75%. Pada hasil ini penelitian menunjukkan respon positif. Evaluasi belajar siswa memiliki peningkatan yaitu dengan nilai sebelum tes belajar sebesar 57,22 dan setelah tes belajar sebesar 75,22. Hipotesis memiliki nilai thitung (4,780) > ttabel (1,706). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku praktikun dapat pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas V di SD N Mejing 1.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Buku Praktik, Pembelajaran IPA, Pengembangan Buku, Gaya Magnet, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:31
Last Modified: 27 Oct 2022 08:31
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item