Gusti, PGSD, UPY and Wahyu Kurniawati, UPY (2022) Perbedaan Pemberian Tugas Kelompok dan Pemberian Tugas Individu Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas II di SD Negeri Mejing 2 Gamping Sleman. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Gusti.pdf Download (338kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa kelas II A yang mengikuti pembelajaran dengan metode pemberian tugas kelompok dengan siswa kelas II B yang mengikuti pembelajaran dengan metode pemberian tugas individu. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mejing 2, Gamping, Sleman pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Mejing 2 Tahun pelajaran 2017/2018. Sampel 43 siswa. Kelas II A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas II B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametric. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan SPSS seri 21.00 for windows. Sedangkan pendekatan statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (t-test) dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa kelas II A yang mengikuti pembelajaran dengan metode pemberian tugas kelompok dengan siswa kelas II B yang mengikuti pembelajaran dengan metode pemberian tugas individu di SD Negeri Mejing 2. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan uji t prestasi belajar dengan taraf signifikasi 0,05 didapatkan nilai sig = 0,370 atau sig > 0,05.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberian Tugas Kelompok, Pemberian Tugas Individu, Prestasi Belajar IPA, dan Uji t Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 05:08 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 05:08 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3623 |
Actions (login required)
View Item |