Pengembangan LKS Berbasis Conceptual Change Model (CCM) pada Mata Pelajaran IPA untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Utami, PGSD, UPY and Wahyu Kurniawati, UPY (2022) Pengembangan LKS Berbasis Conceptual Change Model (CCM) pada Mata Pelajaran IPA untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Utami.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Conceptual Change Model (CCM) untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi gerak mata pelajaran IPA kelas IV SDIT Jabal Nur. Hasil penelitian menunjukkan 1) LKS berbasis CCM dilakukan dengan: analysis, desaign, development, implementation, dan evaluation. 2) Kelayakan LKS ditinjau dari (a) Hasil penilaian ahli materi dengan presentase 97% dengan kriteria sangat baik. (b) Hasil penilaian ahli media dengan presentase 78% dengan kriteria baik. (c) Hasil respon guru dengan presentase 97% dengan kriteria baik sekali. (d) Hasil respon siswa dengan presentase 92% kriteria baik sekali. 3) LKS berbasis CCM lebih efektif mereduksi miskonsepsi siswa yang dibuktikan dengan perbedaan prestasi dibuktikan dengan uji idependent sample t test. Hasil uji idependent sample t test pada nilai post-test diperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 <0,05. LKS berbasis CCM efektif untuk mereduksi miskonsepsi siswa, terlihat dari rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 86,4 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol 83,6. Disimpulkan bahwa LKS berbasis CCM pada materi gerak mata pelajaran IPA untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas IV SD efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: LKS berbasis CCM, Gerak, IPA, Miskonsepsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:41
Last Modified: 03 Oct 2022 04:41
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3621

Actions (login required)

View Item View Item