Setiawan, PGSD, UPY and Wahyu Kurniawati, UPY (2022) Pengembangan Soal Tes Diagnostik Four-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi dalam Materi Energi pada Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Setiawan.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan soal tes diagnostik Four-Tier yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi, dan bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak tingkat miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam materi Energi dan untuk mengetahui pada sub materi apa yang terjadi miskonsepsi paling tinggi. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda 4 tingkat (Four-Tier) pada tingkat satu dan tiga merupakan soal pertanyaan dan alasan sedangkan tingkat dua dan empat berisi tingkat keyakinan memilih jawaban. Sampel penelitian ini berjumlah 47 siswa dari 2 sekolah dan akan dihitung secara deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan tingkat miskonsepsi dengan diagram presentase. Penelitian ini menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas Levene, uji validitas point biserial, Reliabilitas Cronbach Alpha, tingkat kesukaran, dan uji daya beda soal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa distribusi data dinyatakan normal nilai Sign 0,131, subyek dinyatakan homogen dengan nilai Sign 0,600, kemudian soal dinyatakan valid 14 soal dari 20 soal, dan mempunyai keajegan yang baik dengan keofisien alpha 0,861, soal mempunyai tingkat kesukaran 2 mudah, 10 sedang, dan 2 rumit, tingkat daya pembeda soal diketahui 5 soal bertipe jelek, 6 soal bertipe cukup, dan 3 soal bertipe baik. Secara keseluruhan tingkat miskonsepsi siswa sebesar 39,36% dan sub materi paling banyak terjadi miskonsepsi adalah sub materi Sumber Energi sebanyak 48%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Four-Tier, materi energi |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:33 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 04:33 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3619 |
Actions (login required)
View Item |