Isnaini, PGSD, UPY and Wahyu Kurniawati, UPY (2022) Pengembangan Media Kolibin (Kolam Lintasan Mobil dan Pohon ) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pada Siswa Kelas IV SD Giriwungu. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Isnaini.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran kolibin pada pembelajaran IPA untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas IV SD, bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran kolibin pada pembelajaran IPA untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas IV SD, dan bertujuan untuk mengetahui keefektifan media IPA dalam mengurangi miskonsepsi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SD Giriwungu pada tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD sebanyak 15 siswa. Prosedur pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu, penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Teknik dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktiitas siswa, angket dan tes. Teknis analisis data menggunakan nilai presentase, tabel, interprestasi skor dan uji t uji beda dua mean independen. Hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti yaitu sebagai berikut: (1) pengembangan media kolibin valid digunakan dalam pembelajaran. (2) hasil penilian ahli materi diperoleh rata-rata 66 yang berkriteria sangat baik, peneliain dari ahli media diperoleh rata-rata nilai 61 yang berkriteria baik, hasil angket respon siswa pada uji coba awal mendapatkan skor total sebesar 98% dan uji coba lapangan mendapatkan skor total sebesar 100%. (3) hasil pretest kelas eksperimen 13,00 dan hasil postest 18,73. Hasil pretest kelas kontrol 11,20 dan hasil postest 15,27. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan.nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,04 < 0,0. Sedangkan nilai postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada nilai postest sehingga media kolibin pada pembelajaran IPA efektif digunakan untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas IV SD.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Pengembangan, Media KOLIBIN, Mereduksi Miskonsepsi |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 04:12 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3615 |
Actions (login required)
View Item |