Amanatie, Prosa PGSD, UPY (2010) Efektivitas Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.
|
Text
garuda1508117(1).pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dengan metode eksperimen bagi peserta didik kelas XI IA SMA Negeri 2 Yogyakarta. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri atas tiga siklus. Hasil penelitian ditinjau dari peserta didik menunjukkan bahwa kesesuaian perencanaan dengan tujuan pembelajaran termasuk kategori sangat baik, penyampaian materi termasuk kategori baik, penggunaan penunjuk eksperimen termasuk kategori baik, manfaat menggunakan eksperimen termasuk kategori sangat baik, efektivitas pembelajaran termasuk kategori baik, kesesuaian pentunjuk eksperimen dengan petunjuk pembelajaran termasuk kategori sangat baik, untuk pembelajaran kimia termasuk kategori baik, respon peserta didik terhadap eksperimen termasuk kategori baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I termasuk kategori baik, pada siklus ke-II termasuk kategori baik, dan pada siklus ke-III termasuk kategori sangat baik. Ditinjau dari guru, efektivitas pembelajaran termasuk kategori baik. Penilaian aspek efektiv peserta didik dari siklus I sampai dengan siklus ke-III termasuk kategori baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas pembelajaran, hasil belajar kimia, penilaian afektif |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 05:14 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 05:14 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3492 |
Actions (login required)
View Item |