PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DENGAN MEDIA FILM MIMPI ANANDA RAIH SEMESTA PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 3 GAMPING SLEMAN

RAMADANI, Prosa PBSI UPY (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DENGAN MEDIA FILM MIMPI ANANDA RAIH SEMESTA PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 3 GAMPING SLEMAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ArtikelRamadhani.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran keterampilan menulis teks tanggapan menggunakan media film Mimpi Ananda Raih Semestapada siswa kelas IX C SMP Negeri 3 Gamping Sleman. (2) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi siswa, dan (3) mendiskripsikan cara mengatasi hambatandalam peningkatan pembelajaran menulis teks tanggapan menggunkan media film Mimpi Ananda Raih Semesta pada siswa kelas IX C SMP Negeri 3 Gamping Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru bahasa Indonesia dan siswa kelas IX C SMP Negeri 3 Gamping Sleman. Objek penelitian in adalah pembelajaran menulis teks tanggapan dengan media film Mimpi Ananda Raih Semesta pada siswa kelas IX C SMP Negeri 3 Gamping Sleman. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut, (1) dari segi proses, tahap prasiklus proses pembelajaran kurang menarik, siswa cendrung malas dan tidak mampu secara maksimal menulis teks tanggapan. Peningkatan proses pembelajaran menulis teks tangapan pada siklus I dapat terlihat dari aktivitas guru dan siswa saling berbagi kesulitan dalam kegiatan menulis teks tanggapan dan siswa dapat menulis teks tanggapan dengan media film Mimpi Ananda Raih Semesta untuk dijadikan tanggapan dalam bentuk tulisan. Pada siklus II siswa semakin aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan menulis teks tanggapan, dari segi hasil menulis nilai rata-rata siswa prasiklus 70, 11, siklus I 76,81 dan siklus II meningkat menjadi 81,54.(2) hambatan-hambatan yang muncul pada siklus I yaitu waktu pembelajaran yang terlalu singkat dan ada beberapa siswa yang bersikap apatis. Pada siklus II sebagian kecil siswa masih bersikap apatis. (3) upaya mengatasi hambatan yang ada dengan cara guru menyuruh siswa untuk menyaksikan kembali film Mimpi Ananda Raih Semesta di rumah hal ini dikarenakan waktu pembelajaran tidak mencukupi untuk menyaksikan film dan guru memberikan nasehat kepada siswa yang bersikap apatis agar siswa tersebut lebih bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran menulis teks tanggapan dan medi film Mimpi Ananda Raih Semesta.
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 08 Apr 2022 05:59
Last Modified: 08 Apr 2022 05:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3475

Actions (login required)

View Item View Item