Doni, Prosa PBSI UPY (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MEDIA FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEMBALONG BELITUNG. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ArtikelDoni.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita dangan media foto perisitwa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 5 Membalong Belitung, yang beralamat di dusun Air Kundur kecamatan Membalong Belitung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap satu putaran model kegiatan disebut siklus. Tiap siklus memilki 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamtan, Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah obswervasi, dokumentasi, tes, dan angket. Data dari hasil penelitan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Tingkat keberhasilan penelitian ini diukur dari adany peningkatan kemampuan menulis teks berita secara individu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan tahap prasiklus, pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode ceramah kurang efektif hal dapat dilihat dari nilai yang dicapai siswa hanya 61,61 dan. Sedangkan pada siklus I dan siklus II setelah menggunakan media foto peristiwa nilai siswa meningkat. Pada siklus I nilai siswa mencapai 71,45 dan siklus II mencapai 77,67. Dengan demikian penenggunaan media foto peristiwa dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII A SMP Negeri 5 Membalong Belitung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis , Teks Berita, Media Foto Peristiwa |
Subjects: | Bahasa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 05:06 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 05:06 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3472 |
Actions (login required)
View Item |