Efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Sparkol Videoscribe

Arip Febrianto, Universitas PGRI Yogyakarta (2020) Efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Sparkol Videoscribe. Jurnal Dinamika Informatika Volume 9, No 2, September 2020.

[img]
Preview
Text
Sparkol-Videoscribe.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Jurnal Dinamika Informatika Volume 9, No 2, September 2020 ISSN 1978-1660 : 31-41 ISSN online 2549-8517 31 Efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Sparkol Videoscribe Arip Febrianto1, Nurirwan Saputra2 1Prorgam Studi PGSD, Universitas PGRI Yogyakarta 2Prorgam Studi Informatika, Universitas PGRI Yogyakarta e-mail: 1arip@upy.ac.id, 2Nurirwan@upy.ac.id, Intisari Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), sebagian besar materi bersifat teori dan pendalaman materi keagamaan termasuk menganalisis sesuatu berdasarkan hukum Islam. Pembelajaran dilakukan dengan menyampaikan materi dan dasarnya kemudian mahasiswa melakukan analisis terhadap permasalahan yang ditemui. Dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi, Guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran yang disampaikan kepada Siswa. Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan, Siswa cenderung kurang tertarik dalam menerima pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini digunakan media pembelajaran audio visual dengan memanfaatkan aplikasi videoscribe Sparkol.. Melalui aplikasi Videoscribe ini, guru menciptakan pembelajaran berupa Animasi Audio Visual yang interaktif dengan Siswa. Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media Videoscribe, 83,3% Siswa lebih menyukai pembelajaran dengan videoscribe dibandingkan berbasis text saja, 58,3% tertarik dan 41,7% sangat tertarik dengan pembelajaran menggunakan videoscribe ini.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 28 Mar 2022 05:39
Last Modified: 28 Mar 2022 05:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item