PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI APPYPIE PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Riki Idianto, PBSI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI APPYPIE PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2020/2021. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIKI-IDIANTO.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui cara mengembangkan media mobile learning berbasis aplikasi appypie pada pembelajaran teks eksposisi, 2; mengetahui kualitas media mobile learning berbasis aplikasi appypie pada pembelajaran teks eksposisi, 3; mengetahui daya tarik siswa terhadap media mobile learning berbasis aplikasi appypie pada pembelajaran teks eksposisi, 4; mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan aplikasi appypie pada pembelajaran teks eksposisi kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping, Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Uji coba dalam penelitian ini dilakukan terbatas dikarenakan adanya kebijakan pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII berjumlah 6 Siswa. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui lembar wawancara, instrument angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis respon siswa dan hasil olah data soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pengembangan media mobile learning berbasis aplikasi appypie pada pembelajaran teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping Sleman; 2) kualitas media pembelajaran dengan mobile learning berbasis aplikasi appypie pada pembelajaran teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping Sleman dikatakan valid berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan skor 61 dengan rata-rata 3,58 pada kriteria sangat baik, penilaian ahli materi menapat skor 59 dengan rata-rata 4,92 berpredikat sangat baik; 3) pengembangan media mobile learning berbasis aplikasi appype menarik minat siswa dengan nilai 57, persentase 95% pada kualifikasi sangat baik, 4) Uji efektivitas pada penelitian ini hanya dilakukan terhadap kelompok kecil dengan jumlah responden 6 siswa memiliki rata-rata 45 untuk pretest dan 95 untuk posttest. Kemudian untuk taraf hitung signifikasi t-test memiliki 0,000 (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa media mobile learning berbasis aplikasi appypie yang digunakan sebagai pembelajaran teks eksposisi adalah efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: R&D, Mobile Learning, Appypie, Teks Eksposisi, Bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:18
Last Modified: 18 Mar 2022 03:18
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item