EFEKTIVITAS MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021

NURFAIDAH, 16144800018 (2021) EFEKTIVITAS MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURFAIDAH.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara keterampilan menulis teks siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik dan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik, dan 2) untuk mengetahui keefektifan model sinektik pada pembelajaran menulis teks siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest groupdesaign. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Berdasarkan teknik purposive sampling sampel penelitian ini yaitu kelas VII B sebanyak 6 siswa sebagai kelas pretest sekaligus menjadi kelompok posttest. Data dikumpulkan menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas sebaran dan homogenitas varian dan menujukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya perbedaan keterampilan menulis deskripsi kelompok yang mendapat pembelajaran menggunakan model sinektik dan tidak menggunakan model sinektik yaitu dapat diketahui dari hasil uji –t skor posttest keterampilan menulis deskripsi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 2,241 dengan p-value 0,029 < 0,05, 2) keefektifan keterampilan menulis deskripsi kelompok yang mendapat pembelajaran menggunakan model sinektik dapat diketahui dengan uji–t skor pretest dan posttest kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh thitung sebesar 3,604 dengan nilai p-value sebesar 0,001. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan hasil uji hipotesis pertama yaitu ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis deskripsi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik dan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik. Dan hipotesis kedua yaitu model sinektik dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi siswa lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran keterampilan menulis deskripsi siswa yang tidak menggunakan model sinektik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model sinentik, pembelajaran menulis
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:57
Last Modified: 18 Mar 2022 02:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item View Item