PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS VII A MTS YAKTI TEGELREJO MAGELANG

Muchamad Ulinuha, PBSI (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS VII A MTS YAKTI TEGELREJO MAGELANG. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MUCHMAD-ULINUHA.pdf

Download (799kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks narasi dengan menggunakan teknik quantum writing pada siswa kelas VII A MTs Yakti Tegalrejo Magelang (2) Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam dalam mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks narasi dengan menggunakan teknik quantum writing pada siswa kelas VII A MTs Yakti tegalrejo Magelang, dan (3) Mendeskripsikan cara mengatasi hambatan dalam peningkatan kemampuan menulis teks narasi dengan menggunakan teknik quantum writing pada siswa kelas VII A MTs Yakti tegalrejo Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan teknik quantum writing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Bahasa Indonesia dan guru kelas VII A MTs Yakti Tegalrejo Magelang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) teknik quantum writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas VII A MTs Yakti Tegalrejo Magelang, Peningkatan proses pembelajaran menulis narasi pada siklus I dapat terlihat dari aktivitas guru dan siswa sudah saling berbagi kesulitan dalam kegiatan menulis dan siswa dapat menuangkan ide gagasan dari media gambar seri untuk dijadikan tulisan. Pada siklus II, siswa semakin aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan menulis, dari segi hasil nilai rata-rata siswa prasiklus 68,71 siklus I 74,71, dan siklus II meningkat 78,41. Dengan demikian, menggunakan teknik quantum writing pada siswa kelas VII A MTs Yakti Tegalrejo dapat meningkatkan hasil menulis teks narasi (2) hambatan- hambatan yang muncul pada siklus I yaitu siswa masih ada yang ramai, siswa masih bingung mengikuti teknik pembelajaran yang baru, dan guru tidak dapat mengevaluasi pekerjaan siswa satu persatu karena tidak cukup waktu. Pada siklus II masih ada siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung (3) hambatan yang ada dapat diatasi dengan cara guru menegur siswa yang ramai, guru dapat meninjau siswa dengan cara berkeliling kelas menghampiri siswa dan menanyakan kesulitan yang dialami siswa,.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Menulis, Narasi, Quantum writing
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:42
Last Modified: 18 Mar 2022 02:42
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3433

Actions (login required)

View Item View Item