PENGEMBANGAN POSTER BERBASIS CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KRETEK KABUPATEN BANTUL

Melisa Fidia Astuti, PBSI (2021) PENGEMBANGAN POSTER BERBASIS CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KRETEK KABUPATEN BANTUL. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MELISA-FIDIA-ASTUTI.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetaui pengembangan poster berbasis Canva sebagai media pembelajaran menulis teks; 2) mengetahui kualitas poster berbasis Canva berdasarkan penilaian para ahli; 3) mengetahui daya tarik siswa terhadap poster berbasis Canva yang dikembangkan oleh peneliti; dan 4) mengetahui efektivitas peggunaan poster berbasis Canva sebagai media pembelajaran menulis teks iklan. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kretek Bantul pada tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebanyak 30 siswa. Tahapan pengembangan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon siswa, angket respon guru, dan ujian tes pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini, yaitu 1) penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media berupa poster berbasis Canva sebagai media pebelajaran menulis teks iklan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kretek; 2) berdasarkan penilaian ahli media, media yang dikembangkan mendapat skor 78 dari skor maksimal 80, dan pada kualifikasi sangat baik, sedangkan hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor 78 dari skor maksimal 85, dan pada kualifikasi sangat baik, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas poster berbasis Canva sebagai media pembelajaran menulis teks iklan dikatakan valid; 3) hasil angket respon siswa pada uji kelompok kecil memperoleh nilai 48 dari jumlah nilai maksimal 60, dengan nilai presentase 80% pada kualifikasi baik, dan pada uji kelompok besar memperole nilai 247 dari jumlah nilai maksimal 280, dengan presentase 88,2 % pada kualifiksi sangat baik; 4) hasil ujian tes siswa dapat dikatakan efektif karena hasil ujian tes menunjukan nilai rata-rata tes pre-test sebesar 53,60 dan rata-rata tes post-test sebesar 83,60 yang menunjukan bahwa rata-rata yang berbeda dan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Poster Berbasis Canva, Keterampilan Menulis
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:38
Last Modified: 18 Mar 2022 02:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item