EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI “RAYA AND THE LAST DRGAON” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 SEYEGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Indah Hidayati, PBSI (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI “RAYA AND THE LAST DRGAON” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 SEYEGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
INDAH-HIDAYATI.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perbedaan hasil belajar siswa setelah pembelajaran teks cerita fantasi yang dilakukan dengan menggunakan media film animasi dengan yang menggunakan media konvensional, (2) bagaimana keefektifan penggunaan film animasi Raya and The Last Dragon dalam pembelajaran jarak jauh sebagai media pembelajaran menulis cerita fantasi bagi peserta didik di SMP N 1 Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Peneliitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (Quasi Eksperimental). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP N 1 Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Sampel penelitian diambil satu kelas siswa kelas VII D dan siswa kelas VII E yang berjumlah 63 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode statistik parametrik yaitu uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media film animasi sangat efektif meskipun dalam proses pembelajaran jarak jauh dari pada hanya menggunakan media buku paket saja. Dapat dilihat nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada siswa kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata (80,13) sedangkan kelas kontrol memperoleh (52,26). Selain itu, penggunaan media film animasi juga efektif pada pembelajaran keterampilan menulis cerita fantasi, dilihat dari uji-t yang menunjukkan t-hitung sebesar (10,802) dengan nilai signifikan sebesar (0,000) sehingga lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan yaitu 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya film animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan tetap efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita fantasi kelas VII SMP N 1 Seyegan di masa pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Film Animasi, Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 17 Mar 2022 04:37
Last Modified: 17 Mar 2022 04:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3427

Actions (login required)

View Item View Item