PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD THOGETER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V DI SDN GAMOL BALECATUR

Dwi Puspitasari, PBSI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD THOGETER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V DI SDN GAMOL BALECATUR. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWI-PUSPITASARI.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Thogeter (NHT) untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar PKn siswa kelas V di SD N Gamol Balecatur Penelitian dilakukan di SD N Gamol Balecatur Gamping Sleman Yogyakarta pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Gamol dengan jumlah siswa 33. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Number Head Thogeter (NHT) untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara menghitung persentase tanggung jawab, persentase ketuntasan belajar, dan rata-rata nilai siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar PKn siswa melalui model pembelajaran Number Head Thogeter (NHT). Hal tersebut diketahui dari hasil persentase tanggung jawab belajar siswa dari pra siklus yaitu 55,94% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus I hasilnya meningkat menjadi 66,43% dengan kategori cukup, dan pada siklus ke II mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 81,25% dengan kategori tinggi, sedangkan untuk hasil prestasi belajar dari pra siklus yaitu persentase ketuntasan 30,30% dengan, kemudian pada siklus I meningkat yaitu persentase ketuntasan 48,50% dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu persentase ketuntasan mencapai 87,90%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab belajar, prestasi belajar, model pembelajaran Number Head Thogeter (NHT)
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:45
Last Modified: 17 Mar 2022 03:45
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item