Dimas Adi Nugroho, PBSI (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM KETERAMPILAN MENULIS RESENSI CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SEWON. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DIMAS-ADI-NUGROHO.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan keterampilan menulis resensi cerita pendek menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) dengn siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon. (2) Untuk mengetahui keefektifan Model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran menulis resensi cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental ) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitin ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas XI MM2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MM1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan metode tes berupa soal essay 5 butir soal dengan materi pembelajaran mengidentifikasi cerpen. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS dapat diketahui hasil uji normalitas pretest kelompok kontrol 0,200, posttest kelompok kontrol 0,085, pretest kelompok eksperimen 0,084, posttest kelompok eksperimen 0,147. Uji normalitas pada semua data menunjukkan P > 0,05, maka semua data dikatakan normal. Uji homogenitas pretest menunjukkan 0, 778 dan posttest menunjukkan 0,117 (P > 0,05= homogen).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation (GI), Resensi Cerita Pendek |
Subjects: | Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 02:55 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 02:55 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3419 |
Actions (login required)
View Item |