PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS PIXTON PADA KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FANTASI KELAS VII SMP NEGERI 1 KRETEK TAHUN AJARAN 2021/2022

Dika Ismu Meilani, PBSI (2021) PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS PIXTON PADA KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FANTASI KELAS VII SMP NEGERI 1 KRETEK TAHUN AJARAN 2021/2022. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DIKA-ISMU-MEILANI.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan media komik berbasis pixton sebagai media pembelajaran keterampilan menceritakan kembali; 2) mengetahui kualitas media komik berbasis pixton berdasarkan penilaian para ahli; 3) mengetahui daya tarik siswa terhadap media komik berbasis pixton yang dikembangkan oleh peneliti; dan 4) mengetahui efektivitas peggunaan media komik berbasis pixton sebagai media pembelajaran menceritakan kembali teks fantasi. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kretek pada tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebanyak 25 siswa. Tahapan pengembangan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon siswa, angket respon guru, dan ujian tes pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini, yaitu 1) penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media berupa komik berbasis pixton sebagai media pembelajaran menceritakan kembali teks fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kretek; 2) berdasarkan penilaian ahli media, media yang dikembangkan mendapat skor 78 pada kualifikasi sangat baik, sedangkan hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor 75 pada kualifikasi sangat baik, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas media komik berbasis pixton sebagai media pembelajaran menceritakan kembali teks fantasi dikatakan valid; 3) hasil angket respon siswa pada uji kelompok kecil memperoleh nilai 53 dengan nilai presentase 88,3% pada kualifikasi baik, dan pada uji kelompok besar memperoleh nilai 241 dengan presentase 96,4 % pada kualifiksi sangat baik; 4) hasil ujian tes siswa dapat dikatakan efektif karena hasil ujian tes menunjukan nilai rata-rata tes pre-test sebesar 49,60 dan rata-rata tes post-test sebesar 87,60 yang menunjukan bahwa rata-rata yang berbeda dan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Komik Berbasis Pixton, Keterampilan Menceritakan Kembali, Teks Fantasi.
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:47
Last Modified: 17 Mar 2022 02:47
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item