Ardi Septiyawan, PBSI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS APLIKASI QR CODE DALAM PEMBELAJARAN MATERI SURAT PRIBADI DAN RESMI KELAS VII SMP NEGERI 3 GAMPING TAHUN AJARAN 2021/2022. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARDI-SEPTIYAWAN.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan QUICK RESPON CODE ( QR CODE) sebagai media pembelajaran Surat Resmi dan Pribadi pada kelas VII SMP Negeri 3 Gamping, 2) mengetahui kualitas belajar siswa setelah menggunakan QR CODE sebagai pembelajaran Surat Resmi dan Pribadi; 3) mengetahui daya tarik minat belajar siswa terhadap QR CODE sebagai media pembelajaran Surat Resmi dan Pribadi; dan 4; mengetahui efektivitas QR CODE sebagai media pembelajaran Surat Resmi dan Pribadi Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Gamping, 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 10 siswa. Prosedur pengembangan melalui tahap abalysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa, lembar validasi ahli materi, ahli media, pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) pengembangan video bahan ajar sebagai media pembelajaran teks prosedur siswa SMP Negeri 3 Gamping; 2) minat belajar siswa dengan pre-test dan post-test mengalami kenaikan, yaitu dari 50 menjadi 79 dengan jumlah siswa 10 orang; 3) menarik perhatian siswa dengan respon nilai 98 dan nilai presentase 98% pada kualifikasi sangat baik; 4) hasil tes siswa efektif atau terpengaruh dengan hasil menunjukkan rata-rata yang berbeda dan signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran, aplikasi QR CODE, surat pribadi dan resmi |
Subjects: | Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 02:14 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 02:14 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3410 |
Actions (login required)
View Item |