PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN ARTICULATE STORYLINE DI SMA N 3 BANTUL TAHUN 2021/2022

Anik Nurlatifah, PBSI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN ARTICULATE STORYLINE DI SMA N 3 BANTUL TAHUN 2021/2022. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANIK-NURLATIFAH.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran keterampilan menyimak teks laporan hasil observasi dengan articulate storyline. Pemilihan articulate storyline dikarenakan media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SMA N 3 Bantul. Subjek yang digunakan siswa kelas X IPS 2 berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif articulate storyline versi html5 dan aplikasi android bernama Media Belajar Bahasa Indonesia; 2) kualitas media pembelajaran interaktif articulate storyline, berdasarkan hasil penilaian dari ahli media sebesar 95% dan ahli materi 92,5%, sehingga dikategorikan sangat layak/valid; 3) ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran articulate sroryline sebesar 94% dikategorikan sangat baik; 4) Keefektivan media articulate storyline setelah dilakukan ujicoba yaitu sebesar 81,64 N gain dan dikategorikan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Keterampilan Menyimak.
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:12
Last Modified: 17 Mar 2022 02:12
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item