PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS IKLAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP N 2 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Tuti Roanah, PBSI (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS IKLAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP N 2 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-TUTI-ROANAH.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan bahan ajar pada pembelajaran menulis iklan; 2) mengetahui kualitas bahan ajar berdasarkan para ahli; 3) mengetahui respons siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan; dan 4) mengetahui keefektifan bahan ajar sebagai media pembelajaran menulis iklan. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP N 2 Gamping Sleman 2019/2020. Subjek penelitian adalah kelasVIII B sebanyak 31 siswa. Prosedur pengembangan melalui tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengeumpulan data menggunakan angket respons siswa, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) pengembangan bahan ajar sebagai pembelajaran menulis iklan siswa SMP N 2 Gamping Sleman; 2) kualitas bahan ajar sebagai media pembelajaran menulis iklan dikatakan valid berdasarkan penilaian ahli media mendapat skor total 97 dengan kriteria sangat baik, penilaian ahli materi mendapat skor total 72 dengan kriteria sangat baik; 3) respons siswa dengan nilai 2048 pada persesntase 88% pada kriteria sangat baik; dan 4) hasil tes siswa efektif dengan hasil menunjukan rata-rata yang berbeda dan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Bahan Ajar, Menulis Iklan
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:40
Last Modified: 17 Mar 2022 01:40
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3400

Actions (login required)

View Item View Item